RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Pertemuan ke : 1- 4
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB,
dan KPK
Indikator : 1. Menggunakan sifat komutatif ( pertukaran ), asosiatif ( pengelompokan),
dan distributif ( penyebaran ) untuk melakukan perhitungan dengan cepat.
2. Melakukan perhitungan dengan tepat pada operasi hitung campuran.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menggunakan sifat komutatif pada operasi hitung bilangan bulat.
2. Siswa dapat menggunakan sifat asosiatif pada operasi hitung bilangan bulat.
3. Siswa dapat menggunakan sifat distributif pada operasi hitung bilangan bulat.
4. Siswa dapat melakukan perhitungan dengan tepat pada operasi hitung campuran.
II. Mareri Pokok
Sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
A. Sifat Komutatif
Contoh : 3 + 5 = 5 + 3 = 8
(-6) + 4 = 4 + (-6) = -2
5 x 3 = 3 x 5 = 15
8 x (-2) = -2 x 8 = -16
B. Sifat Asosiatif
Contoh : 2 + ( 4 + 5 ) = ( 2 + 4 ) + 5 = 11
-3 + ( 2 + 6 ) = ( -3 + 2 ) + 6 = 5
6 x ( 2 x 3 ) = ( 6 x 2 ) x 3 = 36
( 3 x 4 ) x ( -2 ) = 3 x ( 4 x ( -2 ) ) = -24
C. Sifat Distributif
Contoh : 2 x ( 3 + 4 ) = ( 2 x 3 ) + ( 2 x 4 ) = 14
3 x ( 5 – 2 ) = ( 3 x 5 ) – ( 3 x 2 ) = 9
-2 x ( 3 + 4 ) = ( -2 x 3 ) + ( -2 x 4 ) = -14
D. Operasi Hitung Campuran
Contoh : (3x46) + (3x54) = 3 x (46+54)
= 3 x 100
= 300
(7x89) - (7x79) = 7 x (89-79)
= 7 x 10
= 70
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan latihan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat komutatif ) pada bilangan bulat.
2. Tanya jawab tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat komutatif ) pada bilangan bulat
dengan pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat
komutatif ) pada bilangan bulat.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang sifat komutatif pada bilangan bulat.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang sifat
komutatif pada bilangan bulat.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat asosiatif ) pada bilangan bulat.
2. Tanya jawab tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat asosiatif ) pada bilangan bulat
dengan pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat
asosiatif ) pada bilangan bulat.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang sifat asosiatif pada bilangan bulat.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang sifat
asosiatif pada bilangan bulat.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat distributif ) pada bilangan bulat.
2. Tanya jawab tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat distributif ) pada bilangan bulat
dengan pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang sifat-sifat operasi hitung ( sifat
distributif ) pada bilangan bulat.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang sifat distributif pada bilangan bulat.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang sifat
distributif pada bilangan bulat.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang cara menyelesaikan perhitungan dengan tepat pada operasi hitung
campuran.
2. Tanya jawab tentang cara penyelesaian pada operasi hitung campuran dengan pemberian
contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang perhitungan dengan tepat pada
operasi hitung campuran.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang perhitungan dengan tepat pada operasi
hitung campuran.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang
perhitungan dengan tepat pada operasi hitung campuran.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
V. Bahan dan Sumber Belajar
- Buku Gemar Matematika untuk kelas 6 hal. 1 – 8, Pusat Perbukuan, Depdiknas.
- Model Silabus Matematika Kelas 6, Penertbit BSNP
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : tes akhir
b. Bentuk tes : tulisan
c. Jenis tes : isian
d. Instrumen tes : soal tes
I. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. 5 x (-6) = -6 x … = …
2. (-4) x (-7) = … x … = …
3. (2 + 4) + 5 = … + (… + …) = …
4. 3 x (6 x 4) = (… x …) x … = …
5. 2 x (3 + 4) = (… x 3) + (… x 4) = …
6. (5 + 3) x … = (5x2) + (3x2)
7. 3 x (8 – 2) = (3 x …) – (3 x …) = …
8. -2 x (5 + 4) = (…x…) + (…x …) = …
9. 21 x 12 + (-35) =…
10. 144 : 12 + 30 = …
Kunci Jawaban
1. 5 x (-6) = -6 x 5 = -30
2. (-4) x (-7) = -7x (-4) = 28
3. (2 + 4) + 5 = 2 + (4 + 5) = 11
4. 3 x (6 x 4) = (3 x 6) x 4 = 72
5. 2 x (3 + 4) = (2 x 3) + (2 x 4) = 14
6. (5 + 3) x 2 = (5x2) + (3x2)
7. 3 x (8 – 2) = (3 x 8) – (3 x 2) = 18
8. -2 x (5 + 4) = (-2x5) + (-2x 4) = -18
9. 21 x 12 + (-35) = 217
10. 144 : 12 + 30 = 42
Kriteria Penilaian :
Tiap jawaban benar memiliki skor nilai 10
Nilai Akhir = Skor Perolehan x 10
10
Cirebon, 1 September 2010
Guru Kelas VI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Pertemuan ke : 5 - 8
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB,
dan KPK.
Indikator : 1.Menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan.
2. Menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih dengan menggunakan
faktorisasi prima.
3. Menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih dengan menggunakan
faktorisasi prima.
4. Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penggunaan FPB dan KPK dari
dua bilangan atau lebih.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan.
2. Siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih dengan menggunakan faktorisasi prima.
3. Siswa dapat menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih dengan menggunakan faktorisasi prima.
4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penggunaan FPB dan KPK dari dua bilangan
atau lebih.
II. Mareri Pokok
A. Faktorisasi prima dari suatu bilangan
Contoh : Tentukan faktorisasi prima dari 36 !
Jawab : 36 = 22 x 32
B. FPB dari dua bilangan atau lebih
Contoh : Tentukan FPB dari 18 dan 24 !
Jawab : 18 = 2 x 32
24 = 23 x 3
FPB = 2 x 3 = 6
Contoh : Tentukan FPB dari 75, 90, dan 105 !
Jawab : 75 = 3 x 52
90 = 2 x 32 x 5
105 = 3 x 5 x 7
FPB = 3 x 5 = 15
C. KPK dari dua bilangan atau lebih
Contoh : Tentukan KPK dari 20 dan 48 !
Jawab : 20 = 22 x 5
48 = 24 x 3
KPK = 24 x 3 x 5 = 240
Contoh : Tentukan KPK dari 8, 16, dan 40 !
Jawab : 8 = 23
16 = 24
40 = 23 x 5
KPK = 24 x 5 = 80
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan latihan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara menentukan faktorisasi prima suatu bilangan
dengan menggunakan pohon faktor.
2. Tanya jawab tentang cara menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan melalui
pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang cara menentukan faktorisasi prima dari
suatu bilangan.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang cara menentukan faktorisasi prima dari suatu
bilangan.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang cara
menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran.
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang cara menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
2. Tanya jawab tentang cara menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih dengan
pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang cara menentukan FPB dari dua
bilangan atau lebih.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang cara menentukan FPB dari dua bilangan
atau lebih.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang cara
menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran.
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang cara menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
2. Tanya jawab tentang cara menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih dengan
pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang cara menentukan KPK dari dua
bilangan atau lebih.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang cara menentukan KPK dari dua bilangan
atau lebih.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang cara
menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran.
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penggunaan FPB
dan KPK dari dua bilangan atau lebih.
2. Tanya jawab tentang cara menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penggunaan FPB dan
KPK dari dua bilangan atau lebih melalui pemberian contoh soal lalu siswa menjawabnya
secara benar.
3. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan penggunaan FPB dan KPK dari dua bilangan atau lebih.
4. Siswa bersama guru membahas tugas tentang cara menyelesaikan soal cerita yang melibatkan
penggunaan FPB dan KPK dari dua bilangan atau lebih.
5. Siswa mengerjakan latihan untuk memperdalam materi yang telah dipelajari tentang cara
menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penggunaan FPB dan KPK dari dua bilangan atau
lebih.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
V. Bahan dan Sumber Belajar
- Buku Gemar Matematika untuk kelas 6 hal. 8 – 15 , Pusat Perbukuan, Depdiknas.
- Model Silabus Matematika Kelas 6, Penertbit BSNP
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : proses dan hasil
b. Bentuk tes : tulisan dan kinerja
c. Jenis tes : isian
d. Instrumen tes : soal tes
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Faktorisasi prima dari 40 adalah ….
2. Faktorisasi prima dari 60 adalah ….
3. Faktorisasi prima dari 100 adalah ….
4. Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 24 dan 36 adalah ….
5. Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 72, 180, dan 216 adalah ….
6. Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 12 dan 15 adalah ….
7. Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 15, 21, dan 18 adalah ….
8. Bu Dewi seorang dermawan. Bu Dewi mempunyai 80 kg beras, 50 kg gula, dan 40 kg minyak goreng. Bu dewi ingin membagi sembako tersebut kepada tetangga sekitar dengan jumlah dan jenis sembako yang sama banyak. Jumlah tetangga yang akan memperoleh sembako adalah ….
9. Siti ingin membuat parsel buah dari 24 buah mangga, 40 buah apel, dan 72 buah jeruk. Siti ingin membuat parsel dengan jumlah dan jenis yang sama di setiap keranjang. Banyaknya keranjang yang dibutuhkan Siti adalah ….
10. Ada tiga lampu di sebuah taman. Lampu hijau berkedip setiap 20 detik, lampu kuning berkedip setiap 15 detik, dan lampu biru berkedip setiap 24 detik. Ketiga lampu berkedip setiap … menit.
Kunci Jawaban
1. 23 x 5 6. 60
2. 22 x 3 x 5 7. 630
3. 22 x 52 8. 10
4. 12 9. 8
5. 36 10. 120 detik = 2 menit
Kriteria Penilaian :
Tiap jawaban benar memiliki skor nilai 10
Nilai Akhir = Skor Perolehan x 10
10
Cirebon, 1 September 2010
Guru Kelas VI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Pertemuan ke : 9 – 11
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
Indikator : 1. Menjelaskan arti pangkat tiga suatu bilangan.
2. Menentukan hasil pangkat tiga suatu bilangan.
3. Menentukan bilangan kubik yang dibatasi oleh dua bilangan lain.
4. Menentukan akar pangkat tiga bilangan kubik.
5. Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan arti pangkat tiga suatu bilangan.
2. Siswa dapat menentukan hasil pangkat tiga suatu bilangan.
3. Siswa dapat menentukan bilangan kubik yang dibatasi oleh dua bilangan lain.
4. Siswa dapat menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
5. Siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga.
II. Mareri Pokok
A. Arti pangkat tiga suatu bilangan
Contoh :
13 = 1 x 1 x 1
23 = 2 x 2 x 2
33 = 3 x 3 x 3
B. Menentukan hasil pangkat tiga suatu bilangan
Contoh :
13 = 1 x 1 x 1
= 1 x 1 = 1
23 = 2 x 2 x 2
= 4 x 2 = 8
33 = 3 x 3 x 3
= 9 x 3 = 27
C. Menentukan bilangan kubik yang dibatasi oleh dua bilangan lain
Contoh : Tentukan bilangan kubik antara 1.000 dan 1.500 !
Jawab : 1331
D. Akar pangkat tiga suatu bilangan
Akar pangkat tiga merupakan kebalikan dari pangkat tiga.
Perhatikan contoh berikut !
3√ 27 = 3 karena 33 = 27
3√ 64 = 4 karena 43 = 64
E. Operasi hitung pada bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
Contoh :
3√ 125 x 23 = 40
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, latihan, dan diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar, membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi, yaitu dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa :
“ Anak-anak, siapa di antara kalian yang mengetahui nama bangun ruang yang memiliki
panjang rusuk yang sama ? Bagaimana cara mencari volumenya ?”
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa menjelaskan arti pangkat tiga suatu bilangan melalui kegiatan tanya jawab.
2. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan latihan untuk menentukan hasil pangkat tiga
suatu bilangan.
3. Guru memberikan lembar kerja kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.
4. Siswa mendiskusikan lembar kerja tentang penentuan bilangan kubik yang dibatasi oleh
dua bilangan lain.
5. Guru berkeliling memantau tiap kelompok sambil memberikan bimbingan.
6. Setelah waktu yang diberikan kepada kelompok dianggap memadai, guru memberikan
kesempatan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran.
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara menentukan akar pangkat tiga suatu
bilangan.
2. Tanya jawab tentang cara menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan.
3. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan tugas yang diberikan guru untuk menentukan
akar pangkat tiga suatu bilangan.
4. Siswa menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga untuk
menentukan panjang rusuk suatu kubus.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulakan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar, membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Tanya jawab tentang operasi hitung pada bilangan berpangkat tiga serta penarikan akar
pangkat tiga.
2. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan tugas tentang operasi hitung bilangan
berpangkat tiga serta penarikan akar pangkat tiga.
3. Guru memberikan lembar kerja kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.
4. Siswa mendiskusikan lembar kerja tentang operasi hitung pada bilangan berpangkat tiga
dan penarikan akar pangkat tiga.
5. Guru berkeliling memantau tiap kelompok sambil memberikan bimbingan.
6. Setelah waktu yang diberikan kepada kelompok dianggap memadai, guru memberikan
kesempatan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
V. Bahan dan Sumber Belajar
- Buku Gemar Matematika untuk kelas 6 hal. 19 – 27 , Pusat Perbukuan, Depdiknas.
- Model Silabus Matematika Kelas 6, Penertbit BSNP
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : proses dan hasil
b. Bentuk tes : tulisan dan kinerja
c. Jenis tes : isian
d. Instrumen tes : soal tes
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. 73 = … x … x …
2. 93 = … x … x …
3. 133 = … x … x … = …
4. 153 = … x … x … = …
5. Sebuah kolam berbentuk kubus dengan panjang rusuk 12 dm. Volume kolam tersebut adalah
… dm3
6. Bilangan kubik antara 100 dan 200 adalah ….
7. Bilangan kubik antara 500 dan 600 adalah ….
8. 53 x 33 = …
9. Sebuah kolam ikan berbentuk kubus dengan volume air di dalamnya 10.648 dm3. Panjang
rusuk kolam adalah …
10. 3√ 64 + 3√ 216 = …
Kunci Jawaban :
1. 73 = 7 x 7 x 7
2. 93 = 9 x 9 x 9
3. 133 = 13 x 13 x 13 = 2.197
4. 153 = 15 x 15 x 15 = 3.375
5. 1728
6. 125
7. 512
8. 152
9. 22
10. 4 + 6 = 10
Kriteria Penilaian :
Tiap jawaban benar memiliki skor nilai 10
Nilai Akhir = Skor Perolehan x 10
10
Cirebon, 1 September 2010
Guru Kelas VI
Lampiran : 1. Lembar kerja siswa pada pertemuan 1
Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 15 menit
Diskusikanlah dengan kelompokmu !
1. Tentukan bilangan kubik antara 500 dan 1.000 !
2. Tentukan bilangan kubik antara 1.000 dan 2.000 !
3. Tentukan bilangan kubik antara 2.000 dan 3.000 !
4. Tentukan bilangan kubik antara 3.000 dan 3.500 !
2. Lembar kerja siswa pada pertemuan 3
Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 15 menit
Diskusikanlah dengan kelompokmu, lalu isilah setiap pertanyaan berikut !
1. 33 + 3√ 343 = …
2. 3√ 512 : 4 = …
3. ( 2 + 7 )3 = …
4. ( 23 x 33 ) : 3√ 27 = …
5. 23 x ( 53 + 33 ) = …
LEMBAR PENGAMATAN PELAKSANAAN DISKUSI
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jumlah | |||||||||||
Keaktifan | Kesungguhan | Kerjasama | ||||||||||||
A | B | C | D | A | B | C | D | A | B | C | D | |||
| | | | | | | | | | | | | | |
Kriteria Penilaian :
A = 85 – 100
B = 75 – 84
C = 55 – 74
D = ≤ 54
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan opersi hitung termasuk
penggunaan akar dan pangkat.
Indikator : 1. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung
termasuk penggunaan akar dan pangkat.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan
akar dan pangkat.
II. Mareri Pokok
Contoh masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat adalah :
Dino memiliki bak air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 70 cm berisi penuh air. Dino
memasukkan mainan berbentuk kubus dengan panjang rusuk 20 cm. Berapa cm3 air yang tumpah ?
Panjang rusuk bak air = 70 cm jadi volume bak air = 70 cm x 70 cm x 70 cm = 343.000 cm3
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
2. Mengemukakan tujuan pembelajaran.
3. Melaksanakan apersepsi.
B. Kegiatan Inti :
1. Siswa menyimak penjelasan guru tentang contoh masalah sehari-hari yang menggunakan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
2. Tanya jawab tentang cara menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penggunaan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
3. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan tugas untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
yang melibatkan penggunaan operasi hitung.
4. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
5. Guru memberikan lembar kerja berisi masalah sehari-hari yang melibatkan penggunaan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.
6. Guru berkeliling memantau tiap kelompok sambil memberikan bimbingan.
7. Siswa menuliskan hasil diskusinya pada lembar jawaban diskusi.
8. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
C. Kegiatan Akhir :
1. Kesimpulan : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah berlangsung.
2. Umpan Balik : 1. Siswa melaksanakan penilaian
2. Mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
3. Tindak Lanjut : Siswa diberikan pekerjaan rumah / PR
V. Bahan dan Sumber Belajar
- Buku Gemar Matematika untuk kelas 6 hal. 27 – 30 , Pusat Perbukuan, Depdiknas.
- Model Silabus Matematika Kelas 6, Penertbit BSNP
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : proses dan hasil
b. Bentuk tes : tulisan dan kinerja
c. Jenis tes : essay
d. Instrumen tes : soal tes
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Ali memiliki bak air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 50 cm berisi penuh air. Ali
memasukkan mainan berbentuk kubus dengan panjang rusuk 15 cm. Berapa cm3 air yang
tumpah ?
2. Joko memiliki bak air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 60 cm berisi penuh air. Joko
memasukkan mainan berbentuk kubus dengan panjang rusuk 20 cm. Berapa cm3 air yang
tumpah ?
3. Sebuah bak mandi berbentuk kubus dengan panjang rusuk 10 dm3 berisi penuh air. Ayah ingin
menguras bak mandi tersebut dengan sebuah gayung air yang memiliki volume 2 dm3. Berapa
kali Ayah harus memindahkan air keluar bak mandi agar kosong ?
4. Pak Heru seorang penjual mainan. Pak Heru membeli 250 mainan anak berbentuk kubus
dengan rusuk-rusuknya 7 cm. Mainan tersebut akan dimasukkan ke dalam kardus berbentuk
kubus berukuran rusuk 42 cm. Mainan-mainan tersebut disusun dan dimasukkan ke dalam
kardus sampai penuh. Berapa banyak mainan yang tidak dapat dimasukkan ?
Kunci jawaban
1. 121.625 cm3
2. 208.000 cm3
3. 500
4. 34
Kriteria Penilaian :
Tiap jawaban benar memiliki skor nilai 25
Nilai Akhir = Skor Perolehan x 10
10
Cirebon, 1 September 2010
Guru Kelas VI
Lampiran : 1. Lembar kerja siswa pada pertemuan 1
Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 15 menit
1. Budi memiliki bak air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 80 cm berisi penuh air. Budi
memasukkan mainan berbentuk kubus dengan panjang rusuk 14 cm. Berapa cm3 air yang
tumpah ?
2. Sebuah bak mandi berbentuk kubus dengan panjang rusuk 8 dm3 berisi penuh air. Lukman
ingin menguras bak mandi tersebut dengan sebuah gayung air yang memiliki volume 2 dm3.
Berapa kali Lukman harus memindahkan air keluar bak mandi agar kosong ?
LEMBAR PENGAMATAN PELAKSANAAN DISKUSI
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jumlah | |||||||||||
Keaktifan | Kesungguhan | Kerjasama | ||||||||||||
A | B | C | D | A | B | C | D | A | B | C | D | |||
| | | | | | | | | | | | | | |
Kriteria Penilaian :
A = 85 – 100
B = 75 – 84
C = 55 – 74
D = ≤ 54